Pacitan – Pemerintah Kabupaten Pacitan hari ini, Selasa, 11/07/2017 melaksanakan kuliah umum tentang Otonomi Daerah dengan tema Progres dan Tantangan dengan pembicara Prof. Dr. H. Djohermansyah Djohan, MA yang merupakan Guru Besar IPDN. Acara yang diselenggarakan di Pendopo Kabupaten Pacitan tersebut dihadiri oleh Bupati Pacitan dan peserta yang merupakan seluruh Pejabat Eselon 3 lingkup Pemerintah Kabupaten Pacitan.

Menurut Djohermansyah Djohan, Otda memang memiliki hubungan dengan Pemerintah Pusat. Pemerintah Daerah diberikan sebagian urusan atau kewenangan dari Pemerintah Pusat. Sebagai contoh, di bidang pertanian ada subsidi pupuk dan sertifikasi benih yang masih menjadi tanggung jawab Pusat hal ini dilihat dari asas efektifitas dan kemanfaatan. Adapun progres atau kemajuan Otda kuncinya adalah masyarakat yang semakin sejahtera, pelayanan masyarakat yang semakin baik ujar dia.

Bupati Pacitan, Indartato dalam statemennya mengatakan bahwa inti dari Otda bahwa semuanya harus bisa bekerjasama dengan semuanya, dan semuanya harus satu persepsi bahwa Pemerintah itu ada untuk rakyat. Dan rakyat juga harus menyadari untuk bersama-sama bagaimana membangun daerahnya dengan baik. Menurut beliau banyak tantangan dalam menjalankan Otda ini, salah satunya penyamaan pesepsi antare lini ujar beliau